fbpx

Cara Memasang Kitchen Sink Topmount dengan Mudah!

Memasang Kitchen Sink

Cara Memasang Kitchen Sink Topmount dengan Mudah!

by europecmsuser |September 12, 2022 | Blogs

Anda ingin memasang kitchen sink tanpa menggunakan jasa tukang bangunan? 

Jika Anda ingin belajar mengenai cara memasang bak cuci piring, khususnya untuk bak cuci piring jenis topmount/drop-in (dimana bagian bibir bak akan diletakkan di atas countertop dan bukan di bawahnya), maka Anda dapat mengikuti panduan dari kami. 

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memasang bak topmount/drop-in Anda: 

  • Pasang Dahulu Keran dan Aksesoris Lainnya 

Sebelum memasang kitchen sink, ada baiknya Anda memasang kerannya terlebih dahulu karena mur yang dipakai untuk memasang keran akan lebih mudah untuk dipasang pada tahap ini. Selain keran sink, pasang juga aksesoris sink lainnya seperti sprayer dan dispenser. Untuk merekatkannya, gunakan sealant/lem perekat khusus di bagian dasar keran dan sprayer. 

  • Mengukur dan Menandai Layout sebelum Memasang Kitchen Sink

Balik kitchen sink Anda dan letakkan di countertop dapur Anda, dimana Anda ingin meletakkan kitchen sink tersebut. Berikan jarak sekitar 1½  inci dari backsplash dengan posisi belakang kitchen sink sebagai jarak pemisah antara backsplash dengan kitchen sink.  Kemudian, ikuti ukuran luar kitchen sink Anda dan tandai pada countertop.

Setelah Anda sudah mendapatkan ukuran luar kitchen sink dan menandainya pada countertop Anda, kurangi ukuran tersebut dengan ukuran kitchen sink pada bagian dalamnya, yaitu ukuran mangkuknya. Anda akan memotong countertop sesuai ukuran mangkuk sink, bukan ukuran luarnya.  

  • Bersihkan Kitchen Sink dan Countertop

Sebelum Anda memasang sink pada countertop dapur Anda, pastikan sink dan countertop dalam keadaan bersih, tanpa debu ataupun noda. 

  • Memakai Jigsaw untuk Memasang Kitchen Sink

Setelah langkah pengukuran sudah selesai, Anda dapat menggunakan jigsaw untuk memotong countertop. 

  • Memasang Kitchen Sink 

Aplikasikan sealant di sepanjang ujung bukaan dengan memberikan jarak ½ inci dari bukaan. Pastikan sealant yang Anda pakai dapat mencegah berkembangnya bakteri dan jamur pada sink. 

Letakkan kitchen sink pada bukaan yang telah Anda buat. Setelah sudah diletakkan, gunakan lagi sealant di bagian luar sink. Sealant ini akan merekatkan bak pada countertop dan mencegah kebocoran. 

Anda juga dapat menggunakan adonan semen dan pasir untuk merekatkan bak pada countertop. Takarannya adalah 1:2. Jika Anda ingin memakai adonan semen, pastikan adonan tersebut sudah betul-betul kering sebelum Anda mulai memakai bak cuci piring. Adonan semen akan mengering setelah 3 x 24 jam. 

  • Pasang Penyaring Lubang dan Pipa 

Aplikasikan sealant pada penyaring lubang. Lalu, rekatkan pada lubang saluran yang ada pada bak. Dorong pipa sink sampai masuk ke saluran sink, sambil memastikan gasket yang ada pada pipa berada pada posisi yang menghadap ke atas. Kemudian pasang mur pada pipa.

  • Pasang Kembali Selang ke Jalur Air

Pasang kembali selang yang menjulur dari keran ke katup air yang berada di bawah sink dengan menggunakan kunci inggris. Kemudian, nyalakan kembali air untuk beberapa saat untuk memastikan tidak ada kebocoran. 

Memasang Kitchen Sink

Untuk memasang kitchen sink, Anda tidak membutuhkan keahlian yang tinggi karena pemasangannya tidak rumit.

Penutup 

Demikian panduan yang dapat kami sampaikan mengenai langkah-langkah memasang kitchen sink. Kami harap panduan yang kami berikan berguna untuk proyek Anda. 

Europe Enchanting hadir dengan kitchen sink berkualitas tinggi yang dapat Anda pilih sebagai bak cuci piring andalan. Terbuat dari bahan dengan kualitas premium dan jenis yang beragam, kami yakin Anda akan dapat menemukan bak cuci piring yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. 

Telusuri koleksi kitchen sink kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan juga di showroom terdekat Anda.  

Share this post: