Wajib Tahu! Cara Jaga Kesehatan dari Polusi Udara

Wajib Tahu! Cara Jaga Kesehatan dari Polusi Udara

Bagaimana kualitas udara di sekitar hunian atau tempat kerjamu akhir-akhir ini? Apakah kamu bisa bernapas bebas atau merasa sesak dan tidak nyaman? 

Polusi udara adalah situasi di mana terdapat zat-zat berbahaya yang mencemari kualitas udara. Dampak dari polusi udara adalah kesehatan yang memburuk dan aktivitas yang terganggu. 

Terdapat dua faktor yang menjadi sumber pencemaran udara. Mereka adalah faktor anthrophogenik dan faktor alami. Faktor anthrophogenik meliputi polusi udara yang terjadi karena pembangunan, pembakaran sampah, aktivitas perkotaan, pembakaran bahan bakar fosil, dan kegiatan lainnya yang dilakukan oleh manusia. Sementara, faktor alami meliputi pencemaran udara karena aktivitas alam, seperti erupsi gunung, dekomposisi biotik, dan pembusukan bahan-bahan alami. 

Dikutip dari dpr.go.id, kondisi udara yang akhir-akhir ini memburuk di kota Jakarta hampir setengahnya disebabkan oleh faktor anthrophogenik. Sebesar 40% lebih disebabkan oleh kendaraan bermotor, baik kendaraan umum maupun pribadi, dan polusi dari pabrik dan rumah tangga. 

Jika terpapar untuk jangka waktu yang panjang, sangat mungkin penyakit-penyakit serius dapat terbentuk atau terpicu, seperti asma dan bronkitis. Untuk menjaga diri dan keluarga dari polusi udara, kamu bisa mengambil langkah-langkah berikut: 

Menghindari Area-area Berpolusi Tinggi

Sebisa mungkin, hindari tempat-tempat dengan polusi udara yang tinggi, seperti jalan raya yang padat kendaraan atau lokasi industrial. Untuk mencari tahu kondisi udara di suatu tempat yang akan kamu lalui, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti JAKI, IQAir, Nafas, dsb. Kualitas udara akan dengan mudah dan cepat terlihat dari warna dan angka indeks yang muncul di aplikasi. Dengan begitu, kamu bisa mengambil jalan lain atau melindungi diri sebelum melalui tempat-tempat yang berpolusi tinggi. 

Menggunakan Pembersih Udara

Untuk menjaga kesehatan udara di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan air purifier. Benda ini adalah perangkat elektronik yang bisa menghilangkan partikel-partikel berbahaya atau mengganggu, seperti bakteri, virus, dan debu.  

Saat dioperasikan, air purifier akan menghisap udara sekitar. Kemudian, udara akan melewati pre-filter, dan filter lanjutan dalam bentuk HEPA filter/karbon aktif/jenis filter lainnya. Setelah melewati beberapa tahap penyaringan, udara yang bersih akan dikembalikan ke ruangan. 

Menurut artikel dari alodokter.com, air purifier memiliki banyak dampak positif untuk kesehatan, seperti mencegah alergi, mencegah asma, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit paru. 

Memelihara Tanaman dan Pohon

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memelihara tanaman dan pohon, khususnya untuk kesehatan. 

Objek-objek alam ini mampu menyerap partikel-partikel polutan, seperti debu dan juga gas-gas berbahaya. Selain itu, melalui proses fotosintesis, pohon dan tanaman bisa menghasilkan oksigen yang bersih dan aman untuk dihirup. 

Efek pemanasan yang disebabkan oleh gas dari kendaraan juga bisa berkurang dengan memelihara tanaman dan pohon. Bahkan, sangatlah mungkin udara di lingkunganmu menjadi lebih dingin dan sejuk dengan hadirnya objek-objek alam ini. 

Bahkan, ada beberapa jenis tanaman yang diketahui sangat ampuh dalam memurnikan kualitas udara, loh, seperti tanaman Lili Paris, Hedera, Dracaena, Palem Kuning, dan Aloe Vera. 

Menggunakan Transportasi Umum 

Untuk membantu mengurangi polusi udara, kamu bisa mencoba untuk menggunakan transportasi umum untuk bepergian atau berangkat/pulang kerja. Dengan memilih untuk menggunakan transportasi umum, kamu bisa mengurangi hampir setengah dari jejak karbon pribadimu jika dibandingkan dengan penggunaan kendaraan pribadi. Jejak karbon pribadi adalah jumlah karbon yang dihasilkan individu dari setiap kegiatannya sehari-hari. 

Memilih transportasi umum juga bisa membantu menurunkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah fenomena di mana suhu bumi naik karena perubahan pada komposisi di atmosfer. Dampak dari fenomena ini adalah cuaca yang menjadi tidak stabil, permukaan air laut yang semakin meningkat, dan kekeringan ekstrim pada bagian-bagian bumi yang kena imbas. 

Efek jangka panjang dari memilih untuk menggunakan transportasi umum lebih bermanfaat untuk lingkungan dan sesama daripada memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. 

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat penting untuk menjagamu dari bahaya polusi udara. Karena, dengan menerapkannya, kamu bisa mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas (e.g. asap) yang menyerang tubuh. 

Menjalani gaya hidup sehat tidak susah ataupun ribet. Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil saja, seperti mengganti goreng-gorengan dengan makanan yang dipanggang atau dikukus. Atau dengan olahraga beberapa menit saja setiap harinya atau beberapa kali per minggu. Walau mungkin terkadang bisa terasa berat, manfaat yang kamu dapatkan dengan menerapkan gaya hidup ini jauh lebih praktis. Menerapkan gaya hidup yang sehat menjadi lebih mudah. 

Penutup

Masalah polusi udara perlu ditanggapi dengan serius karena dapat menyebabkan penyakit bagi mereka yang sering terpapar. Karena itu, sangat penting untuk mengerti isu ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan sehingga kamu dan orang-orang tersayang dapat dilindungi dari bahaya polusi tersebut. 

Melindungi diri dan keluarga dapat dimulai dari rumah, dengan menerapkan gaya hidup sehat untukmu dan keluarga. Menerapkan gaya hidup ini akan menjadi lebih mudah dengan kitchen sink dari Europe Enchanting, bersama fitur-fitunya yang hadir untuk mempermudah kegiatan menyiapkan makanan-makanan sehat. 

Temukan koleksi kitchen sink kami di toko online kami di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Kamu juga bisa lihat langsung koleksinya di showroom terdekat.

Back to blog