Ingin DIY Sendiri? Ketahui Cara Memasang Toilet Duduk yang Praktis melalui Artikel Ini!

Ingin DIY Sendiri? Ketahui Cara Memasang Toilet Duduk yang Praktis melalui Artikel Ini!

Seiring berkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi, khususnya di daerah-daerah perkotaan, semakin banyak rumah tangga yang beralih ke toilet duduk, dari yang sebelumnya memakai toilet jongkok. Hal ini diperkuat dengan banyaknya fitur-fitur canggih yang dapat ditemukan pada toilet duduk yang bisa mempermudah kegiatan BAB/BAK. 

Pemasangan toilet duduk sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang perlu disiapkan dan harus sudah ada sebelum memasang toilet duduk adalah pipa untuk air bersih dan pipa untuk pembuangan air kotor. Pipa air bersih seharusnya sudah ada dan dapat ditemukan tersambung di dinding. Sementara, pipa untuk air kotor dapat ditemukan di lantai kamar mandi. 

Yang perlu diperhatikan sebelum memasang toilet duduk adalah jarak pipa air kotor dengan dinding. Istilah untuk jarak ini disebut rough in. Pastikan toilet duduk tidak kebesaran ukurannya karena jika kebesaran, maka pasti akan sulit untuk mencocokan ukuran toilet duduk dengan rough in. Pastikan juga seluruh bagian kamar mandi, seperti bagian dinding, atap, dan lantai, sudah selesai direnovasi, sehingga hal ini tidak akan menghambat proses pemasangan toilet duduk atau menghasilkan kerusakan pada toilet duduk.

Jika kamar mandi sudah siap, inilah waktu yang tepat untuk memasang toilet duduk. (Toilet duduk yang dimaksud pada artikel ini adalah toilet duduk two-piece, di mana tangki dan mangkuk toilet tidak menyatu dan perlu dipasang satu-persatu.) Berikut alat-alat yang diperlukan: 

- Gergaji besi

- Obeng plus-minus

- Bor listrik

- Lem silikon  

- Tang kakak tua

- Kunci inggris 

- Seal tape

- Meteran tukang

- Kunci 10 12 

Check Kelengkapan Toilet Duduk

Sebelum memulai proses pemasangan, ada baiknya untuk periksa kelengkapan toilet duduk (seperti tutup mangkuk, tangki, mangkuk, dsb.) dan spare parts yang dibutuhkan. Bacalah juga panduan pemasangan dengan seksama, baik yang tersedia di cover, brosur, atau manual yang tertempel di badan toilet. 

Pasang Stop Kran 

Stop kran adalah benda yang dipasang di dinding, pada pipa air bersih toilet duduk, dan fungsinya adalah untuk mengatur buka-tutupnya aliran air. Jadi, kalau sewaktu-waktu aliran air bersih pada toilet duduk tidak berfungsi maksimal, kamu hanya tinggal menutup stop kran untuk memperbaiki aliran air tersebut. Kamu tidak perlu mematikan semua aliran air yang ada di rumah. 

Jadi, sangat penting untuk memasang alat kecil ini pada pipa air bersih yang terhubung ke toilet duduk. Untuk memasangnya, tempelkan seal tape di sekitar bodi stop kran untuk meminimalisir adanya air bocor. 

Pasang Badan Toilet Duduk

Pasanglah baut kaki toilet sesuai posisi yang tercatat pada buku pedoman toilet duduk. Kemudian, tandai posisi baut kaki di lantai dengan menggunakan spidol. Setelah itu, lubangi kedua titik tersebut dengan bor listrik berdiameter 10 mm dengan kedalaman lubang sesuai ukuran sekrup fischer. 

Langkah selanjutnya, masukkan fischer pada lubang yang sudah dibor dan kaitkan seal konektor pada pipa air kotor yang ada di lantai. 

Setelah semuanya terpasang, posisikan badan toilet pada lantai. Pastikan posisi lubang pembuangan pada toilet sudah sejajar dengan pipa pembuangan air kotor yang ada di lantai. Kemudian, kaitkan sekrup pada lubang baut kaki dan kencangkan dengan kunci pas 10 atau 12. 

Pasang Tangki

Sebelum memasang tangki pada badan toilet, pasang dahulu bagian dalam tangki (tank trim). Pasanglah flush valve (alat pembilas), inlet valve (pelampung), dan push button (tombol bilas) sesuai dengan petunjuk yang ada. Terakhir, pasanglah flexible hose pada inlet valve. 

Setelah komponen-komponen di dalam tangki sudah terpasang, waktunya untuk memasang tangki pada mangkuk. Gunakan dua plastik bolt dan nut yang sudah disediakan. Kemudian, kencangkan seperlunya. 

Tutuplah tangki toilet dan kaitkan flexible hose dengan stop kran. Tidak perlu memakai seal tape untuk mengaitkan flexible hose dengan stop kran karena hose tersebut biasanya sudah lengkap dengan karet seal. 

Tambahkan Silikon

Supaya area kaki toilet duduk terjaga dari kotoran, kamu dapat melapisinya dengan silikon berwarna putih. 

Pasanglah Tempat Duduk dan Tutup Toilet

Sebagai tahap terakhir pemasangan, sesuaikan posisi tutup toilet dengan mangkuk. Kemudian, pasanglah baut pengikat dan kencangkan.

Uji Flush pada Toilet 

Supaya memastikan tidak ada kebocoran pada toilet duduk, ujilah toilet tersebut dengan melakukan flushing. Dengan begitu, kerusakan atau kebocoran bisa terdeteksi dari awal dan dapat segera dibetulkan. 

Penutup

Demikian panduan proses pemasangan toilet duduk two-piece yang bisa diikuti. Kami harap ilmu ini dapat membawa manfaat, khususnya dalam membantu pemasangan toilet duduk. 

Jika kamu sedang mencari toilet duduk yang pas, Europe Enchanting hadir dengan koleksi toilet duduk andalan yang memiliki fitur-fitur canggih. Temukan koleksi kami di toko online kami di Shopee dan Tokopedia atau di showroom terdekat. 

Back to blog