Jangan Salah Memilih Urinal, Ikuti 9 Poin Penting Ini sebelum Memilih!

Jangan Salah Memilih Urinal, Ikuti 9 Poin Penting Ini sebelum Memilih!

Urinal adalah alat sanitasi yang digunakan untuk membuang air seni, khusus untuk para pria. Bentuk yang paling umum adalah persegi panjang dan terlihat seperti kotak yang terbuka, namun ada saluran air di bagian bawah dan terkadang ada tuas flush di bagian atas. 

Kamu dapat menemukan urinal ini di toilet umum pria, dengan posisi tertempel di dinding dan berjejer di salah satu bagian dinding. 

Dengan memilih untuk memasang urinal, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, salah satunya pemakaian yang lebih higienis.

Pemakaian urinal lebih higienis dari pemakaian kloset duduk untuk membuang air seni. Karena, terkadang bisa saja air seni terciprat ke dudukan kloset karena lubang kloset tidak cukup besar.

Namun, dengan adanya urinal, hal tersebut tidak jadi masalah lagi. Karena, bukaan urinal cukup besar untuk menghindari cipratan air seni kemana-mana. 

Memakai urinal juga lebih praktis daripada memakai kloset duduk karena kamu tidak perlu membuka-menutup dudukan kloset. Kamu tinggal memposisikan diri, membuang air seni, dan flush. Hal ini lebih praktis dan mampu membuatmu menghemat waktu. 

Kalau kamu punya rencana untuk membeli urinal, berikut beberapa poin yang bisa kamu gunakan untuk memilih urinal yang tepat untukmu:  

Ukuran 

Salah satu pertimbangan penting saat akan membeli urinal adalah menelitinya dari segi ukuran. Urinal yang ada di marketplace maupun toko tersedia dalam beragam ukuran dan bentuk. 

Karena itu, ada baiknya kamu mengukur dahulu bagian dinding kamar mandi yang akan dipasang urinal.

Tentunya, kamu tidak ingin membeli urinal dan kemudian menyesal karena salah ukuran. 

Kamu juga bisa memilih alat ini berdasarkan penempatannya. Misalnya, urinal yang akan ditempatkan di kamar mandi umum lebih baik berukuran lebih kecil, sehingga kamu bisa memasang lebih banyak urinal dan dapat dipakai oleh lebih banyak orang. 

Untuk kamar mandi pribadi, kamu bisa lebih bebas memilih ukuran urinal yang diinginkan karena penggunanya tidak banyak.

Namun, supaya lebih higienis, kamu dapat memilih urinal berukuran besar untuk meminimalisir terjadinya air seni yang terciprat kemana-mana. 

Harga 

Selain beragam bentuk dan ukuran, urinal juga hadir dengan beragam harga. Pastinya, urinal dengan fitur-fitur yang lebih lengkap akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. 

Pilihlah urinal dengan harga sesuai budget kamu. Pertimbangkan juga fitur-fitur apa yang akan berguna untuk kamu dan pilih berdasarkan kebutuhan. 

Kalau kamu ingin menghemat biaya, kamu dapat pilih urinal dengan fitur-fitur sederhana, sehingga harganya pun akan lebih murah. 

Namun, kalau kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memilih urinal yang lebih canggih, karena pemakaiannya tentu akan lebih mudah dan menghemat waktu dan tenaga. 

Europe Enchanting hadir dengan urinal E1366 yang dibanderol dengan harga bersaing. Tersedia juga promo menarik yang bisa kamu nikmati untuk menghemat biaya. Check produknya di official store Enchanting di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Metode Flushing 

Metode flushing pada alat urinal beragam jenisnya. Ada yang manual, ada juga yang otomatis. 

Untuk yang manual, kamu tinggal menekan tombol atau tuas untuk mengaktifkan fitur flush. Sementara, untuk yang otomatis, urinal akan mendeteksi aktivitasmu dan mengaktifkan fitur flush setelah kamu selesai menggunakannya. 

Memilih metode flushing yang tepat perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi kamu. Kalau hanya kamu yang akan menggunakan urinal, mungkin lebih baik kamu memilih metode flushing manual. Urinal dengan metode flushing manual cenderung lebih murah karena fitur flush-nya lebih sederhana. 

Namun, kalau kamu akan menggunakan urinal dengan orang lain, mungkin metode flushing otomatis lebih cocok karena lebih higienis. Kamu tidak perlu menyentuh apapun karena urinal akan flush dengan sendirinya. Namun, tentu saja, urinal dengan metode flushing otomatis akan lebih tinggi harganya karena lebih canggih. 

Tampilan 

Jika kamu ingin memilih urinal yang akan dijadikan bagian dari tampilan interior kamar mandi, mungkin kamu perlu memperhatikan tampilan urinal yang kamu pilih.

Urinal hadir dalam beragam bentuk dan juga fitur. Ada yang kecil; ada yang besar. Ada yang terlihat modern, dengan lekukan-lekukan cantik; ada juga yang tampilannya lebih tradisional dan sederhana. 

Tampilan urinal akan sangat penting jika akan dipasang di kamar mandi umum di tempat-tempat tertentu, seperti di hotel atau restoran. 

Bentuk 

Bentuk urinal yang kamu pilih memberi dampak pada tampilan keseluruhan urinal dan juga cara menggunakannya.

Ada beberapa urinal, seperti urinal tanpa air (Waterless Urinal), yang bentuknya membuat aliran air mengalir ke saluran dengan lebih mudah. 

Kalau urinal akan digunakan oleh beberapa orang sekaligus, kamu bisa pilih yang bentuknya panjang dan lebar, seperti trough urinal. Tentu saja, pilihlah bentuk urinal yang akan memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengguna. 

Perawatan Kamu juga bisa pilih urinal berdasarkan faktor perawatannya.

Beberapa urinal memiliki bentuk atau lekukan-lekukan yang membuatnya agak sulit untuk dibersihkan.

Jika kamu tidak ingin menghabiskan banyak waktu merawat urinal, kamu bisa memilih urinal dengan bentuk yang simpel dan minim lekukan. 

Urinal dengan flush juga cenderung lebih mudah dirawat daripada urinal tanpa flush (Waterless Urinal).

Karena, air yang mengalir melalui fitur flush membantu merawat kebersihan dan juga menjaga wangi urinal tersebut. 

Kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa memilih flush dengan fitur flush otomatis, sehingga fitur ini dapat membantu kamu flush dan menjaga kebersihan urinal dengan lebih mudah.

Fitur flush otomatis juga berguna jika penggunanya sering lupa flush atau jika penggunanya adalah orang dengan disabilitas atau anak-anak. 

Instalasi 

Urinal hadir dalam beragam bentuk, termasuk beragam bentuk instalasi. Ada yang pemasangannya langsung ke dinding, dengan menyisakan ruang di bawahnya. Ada juga urinal yang memiliki kaki, dan dapat dipasang dari lantai. 

Fitur-fitur urinal juga terkadang memiliki dampak ke proses instalasinya. Misalnya, urinal tanpa air/flush (Waterless Urinal) cenderung lebih mudah dipasang karena tidak perlu dihubungkan ke saluran air. 

Kamu juga perlu memperhatikan saluran air yang sudah ada di kamar mandi. Untuk menghemat perombakan saluran air, kamu bisa pilih urinal dengan bentuk saluran air yang cocok dengan yang sudah ada. 

Volume Air

Secara garis besar, urinal mampu menghemat penggunaan air lebih dari kloset duduk. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan volume air yang digunakan oleh urinal.

Karena, penggunaan air setiap urinal cenderung berbeda-beda. Rata-rata, urinal menghabiskan sekitar ⅛ volume air untuk sekali flush ketimbang volume air yang dihabiskan oleh kloset duduk untuk sekali flush (sekitar 1.2 galon).  

Jika dihitung dari jumlah galon sekali flush (Gallons Per Flush), berikut variasi volume air yang dihabiskan oleh urinal untuk sekali flush:  

  • 0.125 GPF
  • 0.25 GPF
  • 0.5 GPF
  • 1.0 GPF

Kamu tinggal pilih saja volume air yang mana yang cocok dengan budget kamu.

Semakin banyak air yang digunakan, semakin bersih dan cepat pula proses flushing. Kalau kamu ingin menghemat air secara signifikan, kamu bisa memilih Waterless Urinal (urinal tanpa air). 

Bahan 

Ada dua pilihan urinal kalau dilihat dari bahan yang digunakan untuk membentuk alat ini, yaitu bahan keramik dan stainless steel.

Yang paling umum dijual adalah urinal berbahan keramik. Urinal stainless steel biasanya dalam bentuk trough urinal atau bentuk mangkuk. 

Kedua bahan ini akan awet jika dirawat dengan baik, jadi sebenarnya tidak ada satu bahan yang lebih baik dari bahan lainnya.

Jika tidak dirawat dengan baik, bahan keramik akan cepat retak dan bahan stainless steel akan mudah berkarat. 

Penutup 

Urinal dan wastafel jadi satu! Europe Enchanting hadir dengan urinal E1366 yang menggabungkan urinal dan wastafel.

Wastafelnya terhubung dengan bagian atas urinal, untuk memberikan kemudahan dan kebersihan bagi penggunanya. 

Temukan produk ini dan ala sanitasi berkualitas lainnya di official store Europe Enchanting di Tokopedia, Shopee, dan di showroom terdekat. 

Back to blog