fbpx

Cara Merawat Wastafel Kamar Mandi Supaya Tetap Bersih dan Berkilau!  

Merawat Wastafel Kamar Mandi

Cara Merawat Wastafel Kamar Mandi Supaya Tetap Bersih dan Berkilau!  

by europecmsuser |September 19, 2022 | Blogs

Bagaimana cara merawat wastafel kamar mandi untuk menjaganya tetap bersih dan berkilau? Anda dapat menyimak artikel ini untuk menemukan beberapa tips yang dapat Anda praktekkan!

Untuk masyarakat Indonesia, keberadaan wastafel kamar mandi pasti bukan menjadi sesuatu yang asing. Terdapat banyak hunian, baik yang bergaya modern maupun tradisional, yang memiliki wastafel untuk dipakai sebelum maupun setelah memakai kamar mandi. 

Keberadaan wastafel kamar mandi memang menjadi sesuatu yang sangat penting. Wastafel kamar mandi membantu pengguna kamar mandi membersihkan diri, terutama bagian tangan. Wastafel kamar mandi juga dapat digunakan untuk menggosok gigi. Kegiatan merias diri juga dapat dilakukan dengan bantuan wastafel kamar mandi. 

Kegiatan yang dilakukan dengan bantuan wastafel kamar mandi cenderung kegiatan yang perlu dilakukan setiap hari. Dalam seharipun, kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan beberapa kali. Karena itu, kebersihan wastafel kamar mandi perlu dijaga. Kalau tidak, tentu akan membuat pengguna merasa tidak nyaman memakai wastafel tersebut. Kuman dan bakteri juga akan bersarang pada badan wastafel. 

Berikut kami sampaikan beberapa tips untuk Anda yang dapat menolong Anda menjaga kebersihan wastafel kamar mandi Anda. 

  • Menggunakan Lap atau Spons 

Anda dapat menggunakan kain lap katun atau spons pencuci piring untuk mengelap permukaan wastafel dan area di sekeliling lubang drainase sebelum menggunakan cairan pembersih. Pastikan kain/spons tersebut telah dibasahi terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengangkat kotoran pada permukaan wastafel sebelum dibersihkan oleh cairan pembersih. Dengan begitu, kotoran di permukaan tidak akan mengalir turun melalui lubang saluran dan menyumbatnya. 

  • Merawat Wastafel Kamar Mandi dengan Menggunakan Air Panas

Kalau ada noda membandel yang susah luntur, Anda dapat menggunakan air panas. Air bersuhu panas dapat membantu menghilangkan noda busa sabun, debu, dan kotoran lainnya. Anda dapat membasahi kain lap katun dengan air panas untuk mengelap permukaan wastafel.

  • Menggunakan Produk Pembersih 

Anda dapat memilih pembersih permukaan kamar mandi mana pun untuk membersihkan wastafel kamar mandi Anda. Terdapat produk pembersih bak rendam/ubin atau produk pembersih khusus wastafel yang dapat Anda pakai. Namun, untuk wastafel keramik, Anda perlu menghindari penggunaan pembersih yang bersifat abrasif. Hindari juga memakai alat seperti sabut gosok maupun sikat berbulu kaku. Alat-alat tersebut dapat menggores permukaan wastafel keramik Anda. 

Anda dapat menyemprotkan produk pembersih pada wastafel Anda. Kemudian, diamkan selama 30 detik sebelum dibilas. Pastikan untuk menjangkau seluruh permukaan, termasuk di area keran dan belakang wastafel. Kemudian, Anda dapat menggosok wastafel. 

Sebagai catatan tambahan, hindari produk pemutih atau produk yang mengandung amonia. 

  • Menggunakan Soda Kue untuk Merawat Wastafel Kamar Mandi

Anda dapat menggunakan soda kue sebagai bahan pembersih wastafel. Sifat alkali pada soda kue dapat membantu menghilangkan noda, buih sabun, bahkan pasta gigi yang sudah mengerak. Gunakan soda kue dengan cara menaburkannya pada seluruh permukaan wastafel. Soda kue dapat dipakai karena dapat membantu mengangkat noda membandel. Gunakan soda kue tersebut dengan kain lap katun atau spons pencuci piring (dengan tingkat abrasi ringan) pada permukaan wastafel. 

Bilas permukaan wastafel setelah Anda selesai membersihkannya dengan soda kue. Nyalakan keran air untuk menghanyutkan dan membuang sisa soda kue.  

  • Menggunakan Disinfektan

Untuk membersihkan permukaan wastafel dari kuman dan bakteri, Anda dapat menggunakan disinfektan wastafel. Basahi permukaan wastafel dengan disinfektan tersebut. Kemudian, diamkan selama minimum 10 menit sebelum menyeka/membilas disinfektan tersebut. 

  • Merawat Wastafel Kamar Mandi dengan Menggunakan Cuka Putih

Anda juga dapat menggunakan cuka putih sebagai larutan pembersih. Untuk menggunakannya, tuangkan 1-2 cangkir cuka putih ke baskom kecil. Kemudian, celupkan sekitar 5 sampai 10 kertas tisu ke dalam baskom. Sesuaikan jumlah kertas tisu dengan permukaan wastafel Anda. Lalu, tutupi seluruh permukaan wastafel dengan kertas tisu yang sudah dicelupkan. Diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilaslah permukaan wastafel dengan air hangat dan sabun cuci piring. Keasaman yang terdapat pada cuka membantu untuk mensterilkan permukaan wastafel Anda. 

Merawat Wastafel Kamar Mandi

Maksimalkan perawatan wastafel kamar mandi Anda dengan tips dari kami!

Penutup 

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat wastafel kamar mandi Anda. 

Europe Enchanting memiliki koleksi wastafel kamar mandi dengan bahan keramik berkualitas tinggi. Kami menghadirkan beragam jenis wastafel, mulai wastafel gantung sampai wastafel kabinet, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang beragam. 

Kunjungi official store kami di Shopee, Tokopedia, dan showroom terdekat untuk menemukan produk dan penawaran produk kami. 

Share this post: