fbpx

Bak Cuci Piring: Tips Merawatnya agar Tetap Bersih dan Awet!

Bak Cuci Piring

Bak Cuci Piring: Tips Merawatnya agar Tetap Bersih dan Awet!

by europecmsuser |September 1, 2022 | Blogs

Bak cuci piring berupa salah satu perabotan di dalam rumah yang digunakan untuk banyak aktivitas sehari-harinya, terutama yang berhubungan dengan makanan. Karena itu, menjadi hal yang sangat penting untuk menjaganya tetap bersih dan awet, sehingga usia pakainya pun lama dan dapat tetap higienis dan aman untuk terus dipakai. 

Jika tidak sering-sering dibersihkan, bak cuci piring akan cepat kotor. Bau yang tidak sedap dapat saja keluar dari saluran pembuangan dan merebak ke seluruh ruangan. Noda membandel dan lumut juga dapat saja menumpuk dan menjadi sarang bakteri. Karena itu, bak cuci piring perlu terus dijaga kebersihannya dengan perawatan yang rutin. 

Bak Cuci Piring

Bak cuci piring perlu dibersihkan secara rutin.

Berikut beberapa tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat bak cuci piring Anda agar tetap bersih dan awet: 

Hindari Tumpukan Piring di Bak

Ada baiknya tumpukan piring kotor yang diletakkan di dalam bak cuci piring segera dibersihkan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sisa-sisa makanan maupun lumut air yang menumpuk. Selain itu, hal ini juga menjaga supaya saluran pembuangan tidak tersumbat dengan banyaknya sisa makanan. Dengan segera mencuci tumpukan piring kotor, Anda juga dapat menghindari aroma tidak sedap yang merebak dari banyaknya sisa makanan yang menumpuk. 

Pakai Sikat atau Spons yang Lembut

Untuk membersihkan permukaan bak cuci piring, Anda dapat menggunakan sikat atau spons dengan bahan yang lembut. Hindari spons kawat atau yang berbahan kasar untuk menghindari goresan pada permukaan bak. Dengan begitu, bak cuci piring akan tetap terjaga penampilannya.  

Pakai Bahan Pembersih Alami

Untuk menjaga keawetan bak cuci piring, Anda dapat menggunakan bahan pembersih alami untuk membersihkannya. Salah satu bahan pembersih alami yang dapat Anda gunakan berupa buah lemon. Untuk menggunakannya, campurkan jus lemon dan garam sampai larut merata. Lalu, gosokkan larutan tersebut secara lembut pada permukaan bak cuci piring. Kemudian, bilaslah dengan air. Sifat asam yang terdapat pada lemon mampu melunturkan noda makanan dan juga karat yang menempel. 

Anda juga dapat menggunakan baking soda. Untuk menggunakannya, taburlah baking soda pada seluruh permukaan bak secara merata. Lalu, diamkan selama 5 menit. Kemudian, gosoklah bak dengan menggunakan kain atau spons lembut secara perlahan. Baking soda ini berguna untuk menghilangkan noda yang membandel. 

Bersihkan Drainase dan Pipa di Bak

Untuk menghindari drainase dan pipa yang kotor dan tersumbat, Anda dapat membersihkannya secara rutin. Anda dapat menggunakan sikat dengan gagang yang panjang atau alat penyedot khusus untuk membersihkannya. 

Keringkan Bak 

Supaya bak cuci piring tidak menjadi lembab dan menjadi sarang kuman, Anda perlu mengeringkan bak setelah selesai membersihkannya. Anda dapat menggunakan lap kering dengan bahan yang lembut atau Anda juga dapat menggunakan paper towel lembut. 

Gunakan Disinfektan

Untuk memastikan kebersihan bak cuci piring, Anda dapat menggunakan disinfektan. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kebersihan bak cuci piring dari kuman. Bak cuci piring pun menjadi lebih aman dipakai untuk Anda dan keluarga. 

Penutup

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat bak cuci piring Anda untuk menjaga kebersihannya dan membuatnya tetap awet. 

Europe Enchanting hadir dengan koleksi bak cuci piring berkualitas tinggi dan berstandar Eropa yang dapat menjadi pilihan andalan untuk Anda dan keluarga. 

Telusuri koleksi kami di official store kami di Shopee dan Tokopedia. Kami senantiasa menghadirkan beragam penawaran menarik untuk Anda. 

Share this post: